Kamis, 17 April 2014

Analisis Deskriptif: Frequencies (Ordinal)


Melanjutkan postingan sebelumnya (lihat Analisis Deskriptif: Frequencies (Data nominal)). Pada postingan kali ini akan kita lihat Analisis Frekuensi untuk Data Ordinal. Yaitu untuk jenis data bertingkat seperti tingkat pendidikan, tingkat kepuasan, DLL.

Untuk pembahasan yang ini, kita gunakan saja data yang sama dengan sebelumnya.

LANGKAH 1:

Ikuti klik demi klik dibawah ini
 Analyze à Descriptive Statistics à Frequencies à Masukkan data 'Tingkat Pendidikan' yang simbolnya seperti tangga à Charts à Bar Charts à Continue à klik Display Frequency Tableà OK 




LANGKAH 2: OUTPUT

Untuk Outputnya, mirip dengan data nominal, analisisnyapun sama (lihat: Analisis Deskriptif: Frequencies (Data nominal))

Bedanya adalah pada chart yang digunakan, jika pada data nominal kita gunakan pie charts, maka pada data ordinal kita gunakan bar charts, sebab pada data ordinal kita ingin melihat perbedaan pada tingkatan data.

Seperti contoh di atas misalnya, tingkat pendidikan dimulai dari terendah S1, diikuti S2 dan S3 secara berurutan. Makanya Bar Charts lebih cocok untuk analisis frekuensi data Ordinal.


PREVIOUS : ANALISIS FREKUENSI untuk DATA NOMINAL
NEXT           : ANALISIS FREKUENSI untuk DATA SCALE


Kalau ada pertanyaan ataupun masukkan,
Tinggalkan pesan di bagian komentar. 
terima kasih... :D
- Fazrol Rozi 


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 comments:

 

About Me

Recent Posts

Recent Comments

| Belajar Otodidak Saja © 2009. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |